PEMPROGRAMAN DASAR
Dasar Struktur Algoritma
1.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur algoritma
Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara
penulisan) menyerupai bahasa pemograman disebut?
a. Coding
b. Pseudocode*
c. Flowchart
d. Data flow
e. Terminator
2.
Siswa mampu Mendeskripsikan
pengenalan variable
Variable logika yang berhubungan dengan OR,AND, dan NOT
merupakan variable dari tipe data?
a. String
b. Bunerik
c. Boolean*
d. Array
e. Int
3.
Siswa mampu
Mendeskripsikan pengenalan tipe data
Tipe data yang memungkinkan sebuah variable mengandung
banyak nilai dalam suatu waktu adalah?
a. Boolean
b. Int
c. Array*
d. String
e. Logika
4.
Siswa mampu
Mendeskripsikan pengenalan operator
Pada tipe data boolean berlaku operator-operator, pilih
salah satu dari beberapa operator yang BUKAN berupa perulangan?
a. For
b. Do... While
c. While
d. Return
e. Else*
5.
Siswa mampu
penggunaan pseudocode
Lengkapi source code dari pseudocode dibawah ini
#include <cstdlib>
#include <iostream>
using
namespace std;
int faktorial(int n)
{
if (n==0)
return 1;
.......................................................
return n * faktorial(n‐1);
}
int main(int argc, char *argv[])
{
int n;
cout<<"Program Faktorial Rekursif\n";
cout<<"Masukkan Nilai n : ";
cin>>n;
cout<<"Faktorial("<<n<<") = "<<faktorial(n)<<"\n";
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
a. Else*
b. If
c. And
d. Or
e. While
6.
Siswa mampu
penggunaan flowchart
Bentuk belah ketupat pada diagram
flowchart diberi nama
a. Data Store
b. Process
c. Connector
d. Terminator
e. Decision*
Struktur Kontrol & Perulangan
7.
Siswa mampu Mendeskripsikan
Struktur percabangan 1 kondisi
Untuk mengambil
suatu keputusan dari kondisi tunggal menggunakan fungsi ...
a. Logika IF-ENDIF
b. Logika IF
c. Logika END
d. Logika ENDIF
8.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur percabangan 2 kondisi
Bentuk
perulangan jika pilihan jawaban ada dua atau lebih disebut ...
a. Percabangan
bersarang
b. Percabangan tunggal
c. Percabangan
atas
d. Percabangan ganda*
9.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur percabangan 2
kondisi atau lebih
Pada
pengambilan keputusan fungsi logika IF-ELSE-ENDIF dua pilihan tersebut yaitu
...
a. Semua
pernyataan bernilai TRUE
b. Semua pernyataan bernilai FALSE
c. Satu pernyataan
bernilai TRUE dan pernyataan lainya bernilai FALSE*
d. Tidak ada pernyataan bernilai
TRUE atau FALSE
10.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur percabangan bersarang
Sebuah usaha
fotocopy mempunyai aturan sebagai berikut:
- Jika yang
fotocopy statusnta adalah langganan, maka berapa lembar pun dia fotocopy, harga
per lembarnya Rp. 75,-
- Jika yang
fotocopy bukan langganan, maka jika dia fotocopy kurang dari 100 lembar harga
per lembarnya Rp. 100,-. Sedangkan jika lebih atau sama dengan 100 lembar maka
harga per lembarnya Rp. 85,-
Lengkapi flowchart struktur bersarang mengenai usaha
fotocopy?
a. TH= JLF* HPP*
b. HPP= JLF+TH
c. JLF=TH-HPP
d. JLF=TH*TH
e. TH=JLF+TH
11.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diawal
Jelaskan definisi pengertian perulangan?
a. Melakukan instruksi berkali-kali sesuai dengan
batasan yang telah ditetapkan*
b. Melakukan instruksi sekali dengan batasan
tertentu
c. Melakukan suatu yang telah ditetapkan dengan
batasan dua kali
d. Melakukan Looping dalam batasan yang telah
ditetapkan
e. Melakukan sesekali perulangan tanpa ada
batasan
12.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diakhir
Apa yang harus
dilakukan untuk menentukan nilai awal ekspresi lojik dalam perulangan?
a.
Function
b.
Inisiasi*
c.
User
d.
Case
e.
Progammer
13.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Siapa yang
diminta untuk memberikan kondisi perulangan?
a.
User*
b.
Progammer
c.
Human
d.
Protokoler
e.
Instruktur
14.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah naik
Perhitungan
satu-persatu secara sederhana dapat disebut?
a.
Pecacah
b.
Mencacah*
c.
Duacacah
d.
Bilangan cacah
e.
Case
15.
Siswa mampu
Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah turun
Jika pencacah =
nilai maksimal (pada increment) atau pencacah=nilai minimal (pada decrement),
maka apa yang terjadi pada perulangan?
a.
Lanjut
b.
Berhenti seketika
c.
Berhenti*
d.
Break
e.
Berhenti lalu melanjutkan proses pencacah
Penerapan dari Algoritma ke Program
16.
Siswa mampu
Mengidentifikasi permasalahan kompleks sebagai studi kasus
//Program Umur
#include
<iostream.h>
#include <conio.h>
void main ()
{int usia;
clrscr();
cou<<"
Berapa Usia Anda ?? ";
cin>>usia;
or (usia<17)
cout << " Anda Belum Dewasa
" <<endl;
else
cout << " Anda Dewasa "
<<endl;
}
Source code C++ diatas jika di compile maka
akan terjadi error, identifikasikan permasalahan tersebut dengan function yang
benar.
a. If*
b. Then
c. Cout
d. And
e. If Then
Array
17.
Siswa mampu
Mendeskripsikan Penggunaan array 1 dimensi
SUM adalah
………..
a.
Nilai rata-rata
dari seluruh indeks array
b.
Banyaknya
indeks yang ada di dalam array.
c.
Hasil dari
penjumlahan seluruh data dalam array.*
d.
Indeks akhir
dari array.
e.
Nama variabel
dari array.
18.
Siswa mampu
Mendeskripsikan penggunaan array multidimensi
Array yang
berisi beberapa array lain disebut ……….
a.
Array satu
dimensi
b.
Array dua
dimensi
c.
Array tiga
dimensi
d.
Array empat
dimensi
e.
Array
multidimensi*
Fungsi
19.
Siswa mampu
Mendeskripsikan Deklarasi fungsi
Parameter
adalah sarana komunikasi antar ……..
a.
Fungsi*
b.
Wilayah
c.
Program
d.
Daerah
e.
Komputer
20.
Siswa mampu
Mendeskripsikan Pemberian parameter
fungsi
Variabel
pointer yang tidak menunjuk pada nilai apapun berarti memiliki nilai ………..
a.
100
b.
200
c.
300
d.
1
e.
Null*
Dasar Struktur Algoritma
21.
Siswa mampu
Menerapkan penulisan algoritma dalam pseudocode
Penulisan
algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang menyerupai bahasa
pemrograman disebut
a.
Flowchart
b.
Data flow
c.
Coding
d.
Pseudocode*
e.
Aplikasi
22.
Siswa mampu
Menentukan Logika dari penyelesaian masalah dengan struktur algoritma
Tahapan dalam
menyelesaikan suatu masalah adalah :
a.
Masalah –
Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b.
Masalah –
Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c.
Masalah – Model
– Algoritma – Eksekusi – Hasil
d.
Masalah – Model
– Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil*
e.
Algoritma –
Program – Model – Eksekusi – Hasil
23.
Siswa mampu
Menentukan karakteristik tipe data pada sebuah variable
Sebutkan tipe
data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe
data
a.
Boolean
b.
Date Time
c.
Numerik
d.
Array
e.
String/Char*
Struktur Kontrol & Perulangan
24.
Siswa mampu
Menentukan alur percabangan dari potongan baris kode program
Lengkapi titik dibawah ini dari baris kode program
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
main(){
int x;
cout<<“\n================================\n”;
cout<<“\nBELAJAR PERCABANGAN BERSYARAT IF\n”;
cout<<“\n================================\n”;
cout<<“Masukkan Angka: “;
cin>>x;
............. (x>0)
cout<<“Angka yang dinputkan bilangan positif”;
getch();
}
a. If*
b. And For
c. For
d. If Then
e. Then
25.
Siswa mampu
Menerapkan Struktur Perulangan dengan kondisi diawal
Lengkapi titik dibawah ini dengan code program perulangan
yang benar
#include <iostream> // header
#include <conio.h>
using namespace std;
int main()
{
int C;
for (C=0;C<10;C++)
{
.................<<“Saya sedang belajar bahasa C++
“<<endl;
}
getch();
}
a. Cout*
b. Do..while
c. While
d. If
e. Then End
26.
Siswa mampu
Menerapkan Perulangan dengan kondisi diinputkan user
Lengkapi source code perulangan dengan kondisi diinputkan
user
#include <iostream>
#include <iomanip>
using namespace std;
int main()
{
const int NUM_DAYS = 7;
int count;
double total;
for (count = 1, total = 0.0; count <= NUM_DAYS;
count++)
{
double sales;
char << "Masukkan penjualan untuk hari "
<< count << ": ";
cin >> sales;
total += sales;
}
cout << fixed << showpoint <<
setprecision(2);
cout << "Total penjualan adalah $"
<< total << endl;
return 0;
}
a. Cout*
b. While
c. If Then
d. For
e. Do... While
27.
Siswa mampu
Menerapkan Struktur perulangan dengan
kondisi diakhir
Lengkapi struktuk program perulangan dengan kondisi
diakhir
algoritma kondisi_akhir
deklarasi
i : integer
algoritma:
i ← 1
...........
writeln ('Pengulangan kondisi akhir')
i ← i+1
until i=70
a.
For
b.
Repeat*
c.
Do
d.
Int
e.
Else
28.
Siswa mampu
Menerapkan Struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Lengkapi struktur program perulangan dengan kondisi akhir
diinputkan user
program input_user
deklarasi
i : integer
x : integer
algoritma:
read(x)
i ← 1
while i <= x do
................('ini adalah pengulangan ke', i)
i ← i+1
endwhile
a. Writeln*
b. Write
c. Do
d. If
e. And Then
29.
Siswa mampu
Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah naik
Lengkapi struktur program perulangan pencacah
#include<conio.h>
#include <iostream.h>
using namespace std;
int main()
{
char huruf;
.......... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf++)
cout << "Huruf abjad = " << huruf
<< "\n";
getch();
........... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf+=13)
cout << "Huruf abjad = " << huruf
<< "\n";
getch();
for (huruf = 'z'; huruf >= 'a'; huruf‐‐)
cout << "Huruf abjad = " << huruf
<< "\n";
getch();
a. For*
b. Do
c. While Then
d. Do... While
e. For Then
30.
Siswa mampu Menerapkan
Struktur perulangan sebagai pencacah turun
Lengkapi struktur program perulangan dibawah ini
#include<conio.h>
#include <iostream.h>
using namespace std;
int main()
{
.......... a, b;
.........(a = 1; a <= 5; a++)
{
........... << "\n ";
for(b = a; b <= 5; b++)
cout << a << " ";
}
getch();
return 0;
}
a. Int - for – cout*
b. Char – Then – End
c. If – For – Then
d. For – cout – end
e. String – If - Cout
Penerapan dari Algoritma ke Program
31.
Siswa mampu
Menerapkan pembuatan kode program computer
Bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk memecahkan
permasalahan adalah
a. JavaScript
b. Bahasa English
c. Bahasa Arab
d. Bahasa India
e. NetBean
Array
32.
Siswa mampu
Menerapkan Penggunaan array 1 dimensi
Menulis atau
mengisi elemen array satu dimensi formatnya adalah
a.
nama_aray[index_array]<-
nilai*
b.
var
nama_variable:array
c.
String_aray index
d.
angka:array[3]of
integer
e.
nama_aray[index_aray]; Index_variable
33.
Siswa mampu
Menerapkan Penggunaan array multidimensi
Fungsi
34. Siswa
mampu Menerapkan penggunaan fungsi dalam kode program
Dasar Struktur Algoritma
35. Siswa
mampu Menyimpulkan hasil dari algoritma percabangan 1 kondisi
36 . Siswa
mampu Menganalisis berbagai contoh penerapan algoritma dasar dalam kehidupan
sehari-hari
Struktur Kontrol & Perulangan
37. Siswa
mampu Menyimpulkan hasil dari percabangan 2 kondisi
Penerapan dari Algoritma ke Program
38. Siswa
mampu Memecahkan permasalahan kompleks sebagai studi kasus
Array
39. Siswa
mampu Menganalisis pengelompokkan data berdimensi dari kumpulan informasi
Fungsi
40. Siswa
mampu Menyimpulkan tentang cara kerja fungsi pada kode program